Minggu, 13 Maret 2011

Lomba 17 Agustusan di Hamburg

Agustus 7, 2006 oleh agusset

Walaupun sedang tinggal jauh di negeri orang, hari kemerdekaan negeri sendiri tetap harus dirayakan semeriah mungkin. Maka dari itu, KJRI Hamburg tidak pernah lupa untuk memfasilitasi masyarakat Indonesia yang tinggal di Hamburg untuk selalu memeriahkan hari-hari menjelang hari kemerdekaan 17 Agustus dengan perlombaan-perlombaan khas 17-an. Ada balap karung, makan kerupuk, tarik tambang, memasukkan pinsil ke botol, membawa bola pingpong di sendok, catur, gaple, play station, badminton, bola voli, tenis meja, dan futsal.

Supaya lomba-lomba yang diadakan oleh KJRI itu bisa diikuti oleh masyarakat Indonesia yang ada di Hamburg, maka penyelenggaraannya dipilih pada hari Minggu. Non-stop dari pagi sampai sore hari. Lomba badminton, bola voli, tenis meja, dan futsal diadakan pada hari Minggu, 23 Juli 2006 di Alsterdorf Sporthalle, sedangkan lomba tarik tambang, balap karung, makan kerupuk, memasukkan pinsil ke botol, membawa bola pingpong di sendok, catur, gaple, dan playstation diadakan pada hari Minggu 30 Juli 2006 di KJRI Hamburg.

Lomba-lomba sudah pasti berjalan seru, maklum acara ini kan cuman berlangsung satu tahun sekali, sayang juga kan kalau dilewatkan begitu saja? Nah saking antusiasnya masyarakat ikutan lomba, satu orang bisa sampai ikutan semua lomba, padahal supaya menghemat waktu, panitia maunya acara lomba bisa berlangsung paralel. Makanya kadangkala ada saja kejadian yang kocak. Orang yang harusnya bertanding tenis meja, ketika dipanggil eh ternyata masih main badminton. Ada juga tim yang dibentuk secara mendadak, seperti pada pertandingan bola voli dan futsal. Dan yang lebih lucu lagi, ada satu orang yang menjadi anggota dari tim yang berbeda, dan sialnya lagi kedua tim yang diperkuatnya itu masuk ke babak berikutnya dan harus saling bertemu. Akibatnya, kedua tim tersebut harus memperebutkan orang itu, dan tim yang akhirnya tidak mendapatkan orang itu harus sibuk merekrut anggota baru. Kalau sudah begini, panitia hanya bisa ketawa ngakak…

Anak-anak termasuk yang antusias mengikuti lomba-lomba tradisional seperti tarik tambang, makan kerupuk, balap karung, memasukkan pinsil ke botol, dan membawa bola pingpong di sendok. Sama seperti pada kasus pertandingan olahraga, semua anak pun ingin bisa ikut dalam semua pertandingan yang ada. Nggak perlu jadi juara, yang penting seneng dan meriah! Apalagi kebetulan cuaca di Hamburg juga lagi cerah. Dan yang lebih seru lagi, cewek dan cowok saling bersaing dalam lomba yang sama. Kesetaraan gender pokoknya lah! hehehe…

Ibu-ibu juga termasuk yang nggak rela melewatkan lomba tarik tambang, meskipun sehabis ikutan lomba itu badan jadi pegel-pegel dan terpaksa suami harus turun tangan mijetin malam harinya :) .

Oh iya, menurut anak-anak yang ikut lomba, lomba makan kerupuk termasuk yang paling susah. Bukan karena kerupuknya digantung terlalu tinggi, juga bukan karena kerupuknya terlalu besar, tapi karena kerupuknya agak alot dan melempem. hahaha… Mungkin seharusnya panitia nyediainnya kerupuk Palembang yang renyah dan gurih.

Lomba 17-an memang selalu seru! Apalagi buat kita-kita yang tinggal di negeri orang.

Naskah diambil dari BLOG AGUSSET di Wordpress.

Tidak ada komentar: